Jumat, 19 Oktober 2012

Mitos Anak Kembar

Mitos-Mitos seputar Anak Kembar



1. Jika ingin memiliki anak kembar, katanya disuruh makan pisang yang dempet.
Mitos yang ini ada benernya juga sih. Soalnya kata ibu saya, dulu beliau suka makan pisang kembar / gancet /dempet atau apalah namanya. Tapi menurut saya pribadi, ini mungkin cuma kebetulan dan mitos saja.

2. Mana kakak mana adik
Kata orang jawa, yang lahir duluan adiknya soalnya kakaknya mengalah untuk keluar. Ini juga ada benernya. Soalnya saya sendiri lahirnya belakangan, dan kata orang-orang saya lebih terlihat seperti kakak (lebih dewasa mungkin sifatnya... smile )

3. Si baik Vs Si jahat.
Anak kembar tidak selamanya sama. Bahkan kembar identik seperti kita juga tak sama sifatnya. Hobinya aja beda. Tapi nggak jauh beda juga smile .

4. Mitos : Anak kembar tidak boleh satu sekolah karena bisa mengganggu prestasinya.
Mitos ini ada benernya tapi ada yang tidak sesuai. Kita selalu satu sekolah (hanya saat SMP pisah sekolah) tapi nggak pernah sekelas kecuali saat TK, karena gurunya yang mengatur. Mungkin yang lebih menjadi sorotan jika satu sekolah adalah nanti sering bertengkar, karena memang anak kembar memang begitu smile .Ada juga yang bilang nanti gak punya teman. Yang ini jelas salah. Kita malah punya banyak teman karena kembar.

5. Anak kembar tidak suka dibanding-bandingkan satu dan lainya, meskipun mungkin kemampuannya juga tidak jauh beda. Saya juga begitu, dongkol sedikit juga kalo ada yg banding-bandingin. Misalnya : "eh, dia punya pacar kok kamu tidak..."

6. Mitos : Jika salah satu anak kembar sakit, saudara kembarnya pasti sakit juga. Alasannya mungkin karena ikatan batin. Atau mungkin karena selalu bersama sampai-sampai tidurnya bareng, jadinya ketularan.

7. Anak kembar bisa baca pikiran kembaranya dan merasakan apa yang dirasakannya,
Ini juga mungkin karena selalu bersama, jadi sudah tau sifatnya kalo seneng gimana, kalo sedih gimana kalo bohong gimana.

8. Mitos : Bayi kembar tidak bisa menerima ASI eksklusif, ibu harus memilih salah satu.
Kalo kita sih waktu kecil langsung disusuin semuanya. Walaupun katanya dikasih orang buat menyusui. Bahkan, banyak orang yang pengen gendong dan menyusui, tapi dilarang ibu kita. Yang ada justru salah satu bayi yang biasa dibilang kakaknya, jarang digendong.

9. Mitos : Hanya lelaki (yang terlahir kembar) yang dapat menurunkan gen kembar.
Ini sesuai ilmu genetika kali ya, ayah sebagai pembawa sifat. Kalo gitu entar anaknya kita kembar dong... wink

10. Mitos : Hanya anak kembar yang bisa memiliki keturunan kembar ini ada benernya juga sih, karena memang adiknya kakek dari ayah kita juga kembar. Tapi bisa juga nggak kembar bisa kok punya anak kembar, kalo Tuhan berkehendak.

Demikian, semoga bisa bermanfaat minimal menghibur pembaca. Kurang lebihnya mohon maaf, wassalam. smile

Sebagian Mitos diambil dari : KASKUS FORUM on BLOGSPOT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar